Membangun Brimob Yang Cerdas Dan Dekat Dengan Masyarakat

AKBP. Dr. Beridiansyah, S.H., M.H., seorang perwira menengah di kepolisian semasa kecilnya bercita-cita menjadi seorang anggota TNI. Namun seiring berjalannya waktu berubah pikiran ingin menjadi polisi. Menurut pria kelahiran Kota Baturaja Sumatera Selatan itu, menjadi polisi adalah profesi yang mulia dan tidak mudah untuk dilakukan karena butuh ketekatan yang bulat dan keikhlasan.
Ketika itu, setelah mendapatkan gelar S1 Hukum pada tahun 2000, Beridiansyah mendapatkan informasi adanya penerimaan anggota polisi melalui jalur sarjana (PPSS) atau sekarang SIPSS. Tanpa kesulitan Ia mendapatkan nomor peserta setelah mendaftar calon anggota polisi di Polda Sumsel. Meskipun sempat dihantui rasa tidak percaya diri tetapi tetap optimis mengikuti tes PPSS yang sudah disiapkan sejak kuliah. Usahanya tak sia-sia, akhirnya Ia dinyatakan lulus seleksi dan segera mengikuti pendidikan.
Beridiansyah mengawali karir dikepolisian pertama kali di Polda NTT. Diakuinya, sejak awal menjadi polisi Ia berharap masuk Brimob karena dirinya sangat kagum dengan Brimob yang dulu dikenal dengan Pasukan Istimewa ikut berjuang memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia. Memakai baret biru menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya.
Memasuki tahun 2007 dirinya dipindahtugaskan di Satbrimob Polda Jambi setelah menyelesaikan Sekolah Lanjutan Perwira (SELAPA). Selama delapan tahun bertugas di Polda Brimob NTT banyak pengalaman yang Ia dapatkan, termasuk sejumlah pelatihan peningkatan kemampuan Brimob. Hal ini menjadi bekal setiap melaksanakan tugas khususnya di wilayah konflik. Baginya, semua tugas itu sama, yang penting dilaksanakan dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. Menurutnya bertugas bersama-sama anggota adalah pengalaman yang paling berkesan dihatinya. Rasa syukur pun diungkapkan, karena dirinya sudah pernah melaksanakan tugas kepolisian disejumlah wilayah di Indonesia, tentunya hal ini dapat dijadikan pengalaman tugas yang sangat berharga dalam meniti karier di kepolisian.
Saat ini, AKBP Dr. Beridiansyah, S.H., M.H. dipercaya sebagai Kepala Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jambi. Dirinya memiliki prinsip tersendiri dalam memimpin di kesatuannya yakni membangun anggota menjadi lebih baik. Selain berlatih, dirinya sangat menekankan kejujuran. Seperti kejujuran kepada Tuhan dalam beribadah dan kejujuran dalam bekerja agar memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
Selain itu, selaku Kaden Gegana AKBP Beridiansyah mewajibkan anggotanya untuk belajar berbahasa inggris dengan cara mengundang langsung pengajar berbahasa inggris setiap hari rabu. Harapannya, anggotanya dapat terampil berbahasa inggris.
Disamping itu, Beridiansyah juga mengembangkan arahan Dansat Brimob Polda Jambi untuk menjalin interaksi dengan masyarakat. Program kedekatan anggota Brimob dengan masyarakat dilakukan dengan cara melaksanakan sholat subuh keliling dan Brimob go to kampus setiap hari senin. Diharapkan adanya program ini dapat menjalin kedekatan dengan masyarakat sekaligus menjaga keamanan lingkungan masyarakat.
AKBP Dr. Beridiansyah, S.H., M.H. selain bekerja sebagai anggota Polri dirinya juga tercatat sebagai dosen di dua Perguruan Tinggi Kota Jambi, UNJA (Universitas Jambi) dan Universitas Batanghari. Pria yang gemar menuntut ilmu ini berprinsip bahwa ilmu harus selalu kita gali dan jangan pernah malu untuk belajar. Menurutnya, Ilmu yang Ia dapatkan bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan dapat dibagikan kepada orang lain. Dirinya merasa bahagia apabila dapat berbagi ilmu kepada orang lain.
Oleh karenanya, Ia selalu menekankan kepada anggotanya tentang pentingnya ilmu pengetahuan. Apalagi melihat tantangan Brimob kedepan yang semakin tinggi, tentunya Brimob akan dituntut lebih professional. Maka dari itu dengan kemampuan dan ilmu pengetahuan yang mempumi akan sangat membantu anggota dalam mengemban tugas di lapangan.

Related posts