Ini yang Dilakukan Den Gegana Brimob Banten Agar Mahir Gunakan Alsus Jibom

KOTA SERANG – Guna mengantisipasi gangguan keamanan yang dianggap dapat menimbulkan keresahan masyarakat serta memberantas jaringan teroris di wilayah hukum Polda Banten, personel Jibom Den Gegana Sat Brimob Polda Banten gelar latihan penembakan X-ray di Mako Brimob Banten, Selasa (09/06/2020) pukul 08.50 wib.

Komandan Satuan Brimob Polda Banten AKBP Dwi Yanto Nugroho mengatakan bahwa kegiatan peningkatan kemampuan jibom dilakukan agar anggota unit jibom dapat menguasai tahapan-tahapan penanganan temuan barang yang di curigai Bom dan dapat pengoprasian X-Ray

“Tujuan dilakukannya peningkatan kemampuan ini bukan tanpa alasan, tetapi untuk mengasah kemampuan para personil Den Gegana agar dapat menciptakan kondisi yang kondusif bagi kelangsungan hidup masyarakat dan jalannya roda pembangunan. Sekaligus mencegah dari ancaman bom dan anti teror di wilayah hukum Polda Banten,” ucap Dwi Yanto Nugroho.

Dwi Yanto Nugroho juga menjelaskan bahwa Sinar-X merupakan jenis radiasi yang disebut gelombang elektromagnetik. Pencitraan X-ray akan menciptakan gambar bagian dalam Objek. Gambar-gambar ini akan menunjukkan bagian-bagian rangkaian objek yang di duga bom dalam berbagai nuansa hitam dan putih. Gambar hitam putih ini dihasilkan karena Objek menyerap jumlah radiasi yang berbeda.

“Prosedur X-ray ini dilakukan dengan cepat karna sewaktu-waktu bom yang di tembak x-ray bisa meledak kapan saja. Pengecekan X-ray bertujuan untuk membantu operator 1 mengetahui isi dalam rangkaian yang di duga bom tersebut,agar cepat di tindak lanjuti oleh tim jibom,” terang Dwi Yanto Nugroho.

Latihan ini dipimpin oleh Ps Kanit 1 Subden 1Jibom Iptu Wachijan dan didampingi oleh Bripka Febri Satiyadi dan Brigpol Dede Candra S.H serta diikuti oleh personel Dan Gegana Brimob Banten lainnya.

Related posts